TEKS SULUH


Rabu, 17 April 2013

Jan Engelbert Tatengkeng

Penyair angkatan Pujangga Baru bersama-sama dengan Sutan Takdir Alisyahbana, Amir Hamzah, Sanusi Pane, Armijn Pane


Nama Lengkap : Jan Engelbert Tatengkeng
Alias : JE Tatengkeng | Oom Jan
Agama : Kristen
Tempat Lahir : Kolongan, Sangihe, Sulawesi Utara
Tanggal Lahir : Sabtu, 19 Oktober 1907
Zodiac : Balance
Warga Negara : Indonesia



PENDIDIKAN
  • HIS di Manganitu
  • Christelijk Middagkweekscool (Sekolah Pendidikan Guru Kristen) di Bandung, Jawa Barat
  • Sekolah Menengah Tinggi Pendidikan Guru Kristen di Solo, Jawa Tengah
KARIR
  • Sastrawan (angkatan Pujangga Baru)
  • Perdana Menteri NTT (27 Desember  1949 - 14 Maret 1950)
PENGHARGAAN
Buku kumpulan puisi:
"Rindu Dendam". 1934. Solo: Chr. Derkkerij "Jawi" (Memuat 32 buah sajak)
Puisi yang termuat di majalah Pujanga Baru:
"Hasrat Hati", "Anak Kecil", "Laut", "Beethoven", "Petang", "Alice Nahon", "O, Bintang", "Gambaran", "Sinar dan Bayang", "Katamu Tuhan", "Sinar di Balik", "Willem Kloos", "Tangis".
Puisi yang termuat di majalah lain:
"Anak Kecil", "Penumpang kelas 1", "Gadis Bali", "Aku Berjasa", "Gua Gaja", "Cintaku", "Ke Balai", "Mengheningkan Cipta", "Sekarang Ini", "Aku dan Temanku", "Sinar dan Bayang", "Kepada Dewan Pertimbangan Kebudayaan", "Aku Dilukis", "Sang Pemimpin (Waktu) Kecil", "Bertemu Setan".
Prosa:
"Datuk yang Ketularan", "Kemeja Pancawarna", "Prawira Pers Tukang Nyanyi", "Saya Masuk Sekolah Belanda", "Sepuluh Hari Aku Tak Mandi".
Drama:
"Lena". Sulawesi. No. 1. Tahun 1. 1958