TEKS SULUH


Jumat, 07 Juli 2017

Baca Puisi Sebagai Intertainment

Musikalisasi

Musikalisasi pun akhirnya menjadi rancu pengertian, seperi musikalisasi yang dibawakan oleh Ari Reda (Ari Malibu dan Reda Gaudiamo) pasangan duet musikalisasi ternama saat ini. Ari Reda dalam musikalisasinya seperti menyanyi atau puisi yang dinyanyikan. Ari Reda dalam musikalisasinya sering membawakan puisi-puisi penyair terkenal seperti karya-karya Sapardi Djoko Damono, Toto Sudarto Bachtiar , Gunawan Muhammad dsb.
Ari Reda pun meluncurkan album musikalisasi. Musikalisasi berbirama ini mendukung puisi sebagai intertain Baca Puisi.

Jika puisi dinyanyikan seperti oleh Ari Reda maka puisi itu menjadi syair lagu. Hal demikian ini, tentu untuk menjaga hak cipta birama itu puisi harus dinotasi irama-kan seperti apa yang dilakukan Ebiet G Ade, meskipun hak pencipta syairnya apa pada penyair yang mencipta puisi.



Sekali lagi penulis tidak memperdebatkan tentang musikalisasi, Tetapi upaya-upaya agar puisi menjadi industri kreatif ternyata mampu dijual di masyarakat. Contoh apa yang dilakukan oleh Ari Reda merupakan langkah maju untuk mempopulairkan puisi.Sayang, Ari Reda hanya membawakan puisi-puisi pernyair terkenal saja dalam setiap penampilannya.

( rg bagus warsono bersambung)