TEKS SULUH


Selasa, 20 September 2016

AKU BERSAMA KUPU-KUPUKU, Salimi Ahmad

AKU BERSAMA KUPU-KUPUKU
aku suka bermain dengan kupu-kupu
karena ia tak berbohong dengan dirinya
diberinya aku keindahan sayap
dan dibawanya aku terbang,
dari bunga ke bunga ia mengantar
terkadang kusinggahi juga rumput
sebagaimana cara ia hinggap
aku terbang bersama kupu-kupuku
yang tampak lemah dan sering lelah
yang tak perlu merasa harus jauh pergi
kecuali kepada taman-taman yang melindungi
ada suara hening kudengar seolah napas kami
dibuat tertahan akan pesona pagi yang
menghadiahkan keindahan ceria burung-burung, embun berkilau, semut berdendang, dan semua yang membangun kerinduan atas nama kesukacitaan
ada suara gemilang dari kepak sayapnya,
dan aku mendengar tak ada pikiran yang disembunyikan, semua wajar seperti kodrat alam berjalan, tak ada yang ditutupi meski hanya setitik warna dalam jelaga
aku terbang bersama kupu-kupuku
lewat kibasan sayapnya aku lintasi uap air yang halus sekali berkibaran
serupa garis-garis awan yang membentang di langit
seolah cahaya cerlang di mata anak berbinar gamit
kupu-kupuku kerap mengajakku terbang
dengan bahasa yang sangat mungkin tak kukenal
namun kumengerti hakekat ucapan
ia jujur, apa yang dipercayai sayap dan tubuh
di mataku akan sama dengan gelak cerianya.
20 September 2016