TEKS SULUH


Kamis, 12 Juni 2014

KITA PUNYA BANYAK SASTRAWAN :


Muchlis Darma Putra lahir di Wadung Pal, Banyuwangi, Jawa Timur.
Beberapa karya yang sudah dipublikasikan: KADO DARI RANTAU (2011), SATU SAJAK MERAH MUDA ( 2013) merupakan dwi antologi puisi tunggalnya. Puisi-puisinya juga bisa ditemui dalam antologi puisi bersama, diantaranya BANGGA AKU JADI RAKYAT INDONESIA ( 2012), CARTA FARFALLA (2012), MERINDU RAMADHAN (2013), MEMELUK LUKA (2013), DARI NEGERI LANGIT: DARI NEGERI POCI 5 (2014).

Nyi Mas Rd Ade Titin Saskia Darmawan, terlahir di Bandung 31 Oktober 1981.
Wanita yang kesehariannya disibukkan sebagai Konsultan Akutansi ini tak luput menulis di sela-sela waktu luangnya, menulis cerpen, puisi yang sudah menjadi kebiasaann sejak bersekolah dulu. Selain sebagai Konsultan Akutansi di Biro Konsultan dan Interior Designt Nusa C di Denpasar Bali. Pernah bekerja di Jepang sebagai Konsultan Akutansi di Kawamoto Kenshushei. Pernah menjadi penyiar di beberapa radio swasta di Bali, menjadi MC dan nyanyi di beberapa acara yang masih digelutinya hingga kini.
Kehidupan pewartaan yang pernah dijalaninya:
Mengasuh Sastra dan Budaya di Korann Bali, Koran Patroli Pos, Koran Patroli Nusantara, Majalah Amertha, Majalah Stamina, Redaktur Majalah Ekspresi, Majalah Mesra Jogjakarta.
Berkesenian masih digelutinya hingga kini dari bernyanyi hingga berteater.
Buku Yang Sudah Terbit :
Antologi Puisi Bersama 50 Penyair Nusantara “ Negeri Sembian Matahari” ,
Antologi Puisi Sendiri “ Aksara Jiwa “
Buku Yang Akan Diterbitkan :
Antologi Puisi Bersama 10 Penyair Bali “ Irama Tanah Air “
Antologi Puisi Bersama 20 Penyair Nusantara “ Karena Itu Engkau Kusebut Ibu “
Antologi Bersama 15 Penyair Nusantara “ Dialog Ruang “
Antologi Puisi Bersama Fanny Jonathan Poyks “ Dua Sisi “
Antologi Puisi Bersama David Darmawan Siswandi “ Rendezvouse “
Antologi Puisi Sendir “ Aku Dan Kehadiranmu “
Antologi Puisi Sendiri “ Bianglala Kehidupan “
Tahun 2006 Bersama Bapak Puspayoga, Tata Rama Production dan Koran Bali menggelar Acara Lomba Baca Puisi Piala Wali Kota Denpasar tingkat SD, SMP,SMA dan Umum yang diikuti oleh 900 peserta.

Aulia Nur Inayah lahir di Tegal, 06 Oktober 1992. Kini tercatat sebagai mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Purwokerto di Jurusan Syariah, Ekonomi Islam. Aktif di Sekolah Kepenulisan STAIN Purwokerto, dan Komunitas Sastra Santri “Pondok Pena”. Juara I Lomba Cipta Puisi Nasional (Komunitas Rumah Kata Medan, 2013), Juara II Lomba Cipta Puisi Nasional (Dewan Kesenian Balikpapan, 2013). Puisinya masuk dalam buku antologi Kosong = Ada (107 penyair Indonesia-Malaysia, Lesbumi NU, 2012), Bunga Rampai buku puisi Pilarisme (An najah Press, 2012), Ayat-Ayat Ramadhan (AG Publishing, 2012), Merawat Ingatan Rahim (KOMNAS PEREMPUAN dan Jejer Wadon, 2013), Creative Writing (StainPress, 2013), Dari Dam Sengon Ke Jembatan Panengel (Dewan Kesenian Kudus, 2013), Pilar Puisi (StainPress, 2013), Tifa Nusantara (Dewan Kesenian Kota Tangerang, 2013), Habituasi Wajah Semesta (Komunitas Rumah Kata, 2014), Mushaf Rindu (An Najah Press, 2014), Di Bawah Sadar, Di Atas Sadar (StainPress, 2014). Puisinya juga dimuat Di Majalah Horison, dan koran Satelit Post. Cerpennya di bukukan dalam Antologi Cerpen Nasional Sepucuk Surat Untuk Tuhan (An najah Press, 2012), Nominator Lomba Cerpen Nasional STAIN Purwokerto Cinta dan Sungai-sungai Kecil Sepanjang Usia (ObsesiPress, 2013), Ramadhan di Rantau (Harfeey, 2012), Cinta Pertama (Sahabat Kata, 2012), majalah Mayara dan Buletin Keris. Kini menjadi santri di Pesantren Mahasiswa Kepenulisan An-Najah Purwokerto. Alamat di Muncang Larang RT 01 RW 02 Kec. Bumijawa, Kab. Tegal, Jateng. Hp: 085747170134.
Email; aulia_sohibi@ymail.com dan
auliaayasohibi@gmail.com.

SRI WINTALA ACHMAD, Lahir di Yogyakarta. Pernah kuliah di Fak. Filsafat UGM Yogyakarta. Menulis dalam bahasa Inggris, Indonesia, dan Jawa. Karya-karya sastranya dipublikasikan baik media pusat dan lokal, al: Kompas, Republika, Suara Karya, Suara Pembaruan, Lampung Pos, Solo Pos, Surabaya Pos, Bangka Pos, Kedaulatan Rakyat, Minggu Pagi, Merapi, Bernas, Majalah Gong, Artista, Suara Muhammadiyah, Adiluhung, Jayabaya, Mekarsari, Jaka Lodhang, Sempulur, Kliwonan, dll. Antologi puisi kolektifnya yang telah terbit, al: Zamrud Katulistiwa (Balai Bahasa Yogyakarta 1997), Sastra Kepulauan (Dewan Kesenian Sulawesi Selatan 1999), Embun Tajali (FKY 2000), Malioboro (Balai Bahasa Yogyakarta 2008), Sauk Seloko (Dewan Kesenian Jambi 2012), Tifa Nusantara (Dewan Kesenian Tangerang, 2013), dll. Selain kumpulan puisi, cerpen, dan esai; banyak menerbitkan karya prosa dan novel. Nama kesastrawanannya dicatat dalam Buku Pintar Sastra Indonesia (Pamusuk Eneste, Penerbit Kompas), Direktori Sastrawan, Seniman, dan Budayawan Yogyakarta (Taman Budaya Yogyakarta). Sekarang tinggal di Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia.