“Puisi karya  penyair masa kini untuk pemahaman remaja tentang  korupsi”
Objek : Buku Puisi Menolak Korupsi (PMK) Jilid I dan II
Oleh : Rg Bagus Warsono
      
      
      
Objek : Buku Puisi Menolak Korupsi (PMK) Jilid I dan II
Oleh : Rg Bagus Warsono
Diskusi Sastra 
Judul :
“Puisi karya  penyair masa kini untuk pemahaman remaja tentang korupsi”
Objek : Buku Puisi Menolak Korupsi (PMK) Jilid I dan II
Oleh : Rg Bagus Warsono
Batasan Diskusi :
No Uraian Batasan
1 Objek Buku Puisi Menolak Korupsi Jilid I dan II
2 Sub Objek Sebuah puisi karya penyair PMK
3 Usia peserta Bebas
4 Pendidikan peserta Bebas
5 Waktu diskusi 2  Jam pukul 9.30  - 11.30
6 Tempat Indramayu  
7 Peserta Diskusi
 1………………………….
2………………………….
3………………………….
4………………………….
Banyak orang beranggapan :Tentu tidak menarik  jika tidak suka. Lagi pula untuk apa diskusi tentang korupsi , toh hasilnya tak berguna, puisi dan aktifitasnya berjalan namun korupsi semakin marak.
Yang suka dan tidak suka silahkan ambil pada posisi masing-masing, yang duduk mengikuti acara ini dapat dipastikan suka dan lebih dari suka.
Pada  diskusi kali ini sebagaimana tersebut di atas kita membatasi diskusi ini dengan panduan seperti  format di bawah ini : 
Judul Dampak  Kreatifitas Pembelajaran di Sekolah
Indikator Sorotan 
/objek yang disorot sebagai bahan diskusi Dampak negative  Dampak positif (Kepribadian) Daya Cipta Penyampaian Apresiasi Wawasan keilmuan
1 2 3 4 5 6 7
Puisi karya  penyair masa kini untuk pemahaman remaja  tentang korupsi
 Salah tafsir
Penghujat
Memahami dan meniru
cara-cara korupsi 
 Mencintai Tanah Air
Pembentukan budi pekerti anti korupsi
Memahami keadaannya
Rasa Tanggung Jawab Karangan 
Cipta puisi
 Baca Puisi
Pidato
bercerita Membaca  Karya orang lain
Mendengarkan orang lain baca puisi
 fksi
Prosa 
Diskusi Sastra Puisi karya  penyair masa kini untuk pemahaman remaja tentang korupsi dalam buku Pusi Menolak Korupsi dapat dilakukan dalam kelompok kesil atau dalam satu seminar. Jika dibuat kelompok kecil maka dapat didiskusikan beberapa karya puisi /cerpen jika  dalam sebuah pertemuan besar cukup satu karya sebagai bahan diskusi. 
Kreteria puisi bahan diskusi: Pada dasarnya semua puisi dapat didiskusikan sebagai bahan telaah bersama, namun hendaklah peserta  diskusi dapat memilih bahan diskusi yang pantas untuk diangkat sebagai materi diskusi. Karenanya peserta dapat menentukan puisi yang mana yang akan mendapat sorotan.
Penekanan sajian buku atau sajian pembacaan puisi yang diapresiasi tentu berbeda-beda oleh karena itu alangkah baiknya jika sajian teks dibarengi dengan sajian baca sehingga memperkaya kajian diskusi.
Berikut kita ambil satu bahan diskusi untuk pertemuan ini , sebuah pengglan dari puisi Acep Zamzam Noor berjudul “Ada Banyak Cara” (Puisi Menolak Korupsi Jilid II Forum sastra Surakarta 2013 jilid 2 hal 27-38).
Ada Banyak Cara
….
Ada banyak cara
Untuk mencuci uang korupsi 
Salah satunya
Dengan menambah jumlah istri
Ada banyak cara
Untuk turun jadi jabatan bupati
Salah satunya
Menceraikan istri lewat SMS
Ada banyak cara
Untuk tampil di televisi
Salah satunya
Menjadi buronan polisi
Ada banyak cara
Untuk bisa keliling dunia 
Salah satunya
Karena dikejar-kejar KPK
Ada banyak cara
Untuk menangkal tuduhan korupsi
Salah satunya
Bersedia digantung di Monas
Ada banyak cara
Untuk menjadi jurkam 
Salah satunya
Fasih mengutip ayat Qur’an
Ada banyak cara
Untuk disebut kiai
Salah satunya
Memakai jubah dan kopiah haji
Ada banyak cara
Untuk disebut da’i
Salah satunya
Sering cengengesan di telivisi
Ada banyak cara
Untuk disebut Islami
Salah satunya
Melakukan poligami
Ada banyak cara
Untuk dipanggil ulama 
Salah satunya
Rajin berjualan agama
Ada banyak cara
Untuk menjadi penyair 
Salah satunya
Banyak minum bir
Ada banyak cara
Mengehatkan bangsa
Salah satunya
Mendirikan rumah sakit jiwa
Ada banyak cara
Untuk mengindap sakit jiwa
Salah satunya
Menjadi warga Negara Indonesia
Ada banyak cara
Menyelamatkan Indonesia
Salah satunya
Membubarkan partai-partai yang ada.
Acep Zamzam Noor  1996-2013
Kelak Anda dapat memberikan laporan diskusi seperti contoh dibawah ini :
Judul Dampak  Kreatifitas Pembelajaran di Sekolah
Indikator Sorotan 
/objek yang disorot sebagai bahan diskusi Dampak negative  Dampak positif (Kepribadian) Daya Cipta Penyampaian Apresiasi Wawasan keilmuan
1 2 3 4 5 6 7
Puisi Karya Penyair Acep Zamzam Noor berjudul “Ada Banyak Cara”  dari buku antologi PMK Jilid 2A *Salah tafsir
*Bila dibacakan ada orang tersinggung
*Meniru membuat/membaca  puisi dengan gaya demikian 
Namun dengan pengembangan kata-kata lain 
Misalnya : Ada banyak cara , Menjadi sorotan pembicara , salah satunya pendapatku slalu beda Isi puisi memberikan contoh baik dan buruk. Menarik, memberi kesan, mudah diingat pembaca,  Baca, diskusi dan dengar Membaca puisi 
 Telaah buku pada karya sejenis ini . 
Pengulangan  kalimat atau kata banyak digunakan oleh penyair-penyair sebelumnya .
Asyik bukan? Anda dapat menelaah karya Anda sendiri dan karya orang lain sesuai batasan tersebut di atas.  Diluar permasyalahan yang ada dalam batasan dan format panduan serta format  laporan adalah diskusi diluar acara ini merupakan sajian terpisah.
Diskusi ini dapat juga ditampilkan baca puisi sebagai sorotan bahan bahan kajian, sebagaimana batasan kita ambil sebuah puisi berjudul …………………………………….,karya  penyair……………………………
Indramayu, 20 Mei 2014
Tentang penyaji diskusi:
Rg. Bagus Warsono, Tegal 29 Agustus 1965,
 tinggal di  jl.Alamanda Merah no. 6 Perumahan Cidhayu  
Kel. Margadadi Indramayu-45211, pengasuh  sanggar sastra
Meronte Jaring.  gus.warsono@gmail.com media public
www.ayokesekolah.com