TEKS SULUH


Sabtu, 08 Agustus 2015

'Perahu kecil saja berani bertarung di samudra, kau masuk sungai kecil.'

'Perahu kecil saja berani bertarung di samudra, kau masuk sungai kecil.'
Sebuah falsafah agar hidup mengerti porsi masing-masing.
Karena yakin membaca arus air sungai demikian memberikan tanda-tada banyak ikannya Kapal Kursin (kapal kayu berukuran besar) urung melaut lepas. "Kita tak usah ketengah, masuk ke dalam sungai ini saja, ikannya lagi banya" kata Kapten Kapal Kursin"
" Jangan ! itu milik anak sungai (menyebut nelayan arad yaitu nelayan pencari ikan kecil)", kata jurumudi.
" Kan anak sungai juga bebas ke laut lepas?" jawab Kapten Kapal Kursin.
" ya , Kapten kita coba"
Akhirnya masuklah kapal Kursin itu ke dalam alur sungai. Ikan begitu banyak dimuara sungai. Sekali tebar jaring saja sudah terangkat ribuan ikan.
Setelah dirasa di muara sudah jarang ikan , Kapal Kursin masuk ke dalam lagi hingga mendekati perkampungan nelayan. Kemudian asyiklah Kapal Kursin mengambili ikan di sungai.
Ketika berpas-pasan dengan perahu kecil yang menuju ke laut, Kapal Kursin berkata , " He di sungai banyak ikan , kenapa kau ke Laut?"
Perahu kecil hanya tersenyum dan tertawa-tawa.
Kapal Kursin yang asyik mengimbil ikan di alur dalam sungai tak sdar waktu jelang sore hari di bulan tua. Air begitu cepat surut, Ia pun segera sdar bahaya karam. Namun perlu waktu menuju ke Laut. Sudah cukup jauh ke muara saja. Sedang beban Kapal semakin berat oleh ikan.
Walaupun dengan sekuat tenaga, Kapal Kursin tak dapat bergerak. Ia karam.
Penduduk nelayan di perkampungan itu hanya menonton. Sebuah atraksi gratis Kapal Kursin.
Kapten Kapal yang berpengalaman itu akhirnya memerintahkan agar menumpahkan seluruh ikan ke sungai lagi agar Kapal Terangkat air sungai. Sayang debet air hanya 1 meter, kapal tetap karam. Akhirnya Kapten kapal pun memerintahkan untuk mengeluarkan semua perbekalan termasuk perabot. Awak kapal melempar perbekalan ke penduduk nelayan yang menyaksikan di pinggir sungai. Penduduk nelayan tepi sungai itu pun bersorak sorai.
Setelah isi kapal itu habis, kapal mulai terangkat. terdengar mesin kapal perlahan bergerak dan kapal Kursin kembali kelaut tampa ikan dan habis perbekalan.