TEKS SULUH


Selasa, 31 Oktober 2017

Berkaca Ilmiah

Berkaca ilmiah :
Seringkali Anda menghadapi penyair 'Ge Er atau merasa diri paling hebat. Tak perlu khawatir sebab sesungguhnya dia belum positif untuk posisi yang diakuinya itu.
Adalah teori Charles Darwin yang mengusung akan 'penilaian teman sejawat artinya ada penguatan orang lain untyuk mengiyakan dia itu. Jika hasilnya negatif maka dia harus bercermin diri.
Agaknya belum cukup sampai di situ saja, objektivitas juga perlu dicari sebagai penguatan ilmiah. Kita dapat melalui berbagai cara seperti diskusi, debat, jurnal atau konferensi.
melalui Komunitas Ilmiah.
Komunitas ilmiah terdiri dari total tubuh ilmuwan, serta hubungan dan interaksinya. Komunitas ilmiah biasanya terbagi menjadi "sub-komunitas" yang bekerja pada bidang sainsnya masing-masing. Objektivitas diharapkan dicapai melalui metode ilmiah. Penilaian sejawat, melalui diskusi dan debat pada jurnal dan konferensi, membantu meningkatkan kualitas metodologi penelitian dan interpretasi hasil.
Repotnya jika kita berhadapan dengan orang yang tidak ilmiah alias orang yang (kurca) kurang membaca atau (buas) buta wawasan. Jadilah seringkali timbul kata 'kamu siapa? Puisimu saja belum dibicarakan orang, apalagi penyairnya, Sok terkenal lagi. Sudahlah orang semacam ini anggap hiburan saja.