TEKS SULUH


Kamis, 07 Januari 2016

Aku, Hercules Renta...karya Ness Kartamihardja

Aku, Hercules Renta...

*

Usiaku terlalu renta,
lebih dari setengah abad.
Tapi kenapa aku terus dipaksa terbang?
Tulang-tulang osteoporosis,
digerogoti korosi,
takkan sembuh lagi,
meski dibedaki tebal
dan dihiasi nama gagah:
TNI Angkatan Udara
dan dilambangi "SWA BHUWANA PAKSA"
Di dalamnya, aku tetap renta
dan bertambah renta...
*

Tuan,
jangan bilang terpaksa,
atau tidak ada dana
Karena, ini menyangkut nyawa manusia!
*

Kalau saja yang kubawa itu para koruptor,
pasti aku tertawa bahagia,
meski aku pun ikut terkubur lebur
Setidaknya, matiku tak sia-sia!
*

Tuan,
selamat tinggal...
aku menyusul saudara-saudara kembarku,
menjadi abu
bersamaku, anak bangsa tak berdosa;
ikut mengorbankan nyawa
*

Aku...
Hercules tua renta, C Satutigapuluh
*
( Gugur bungaku di taman bakti,
di haribaan Pertiwiii....................)
*
Sayup-sayup sampai..., irama lagu itu
lalu perlahan lenyap terbawa angin lewat.
*

Di atas bumi pertiwi,
kepala anak negeri, kaku menunduk
: Selamat jalan saudaraku,
kami turut mendo'akanmu...
*

Puncak,1Juli2015

______________________________________________________________
Oma Neska (Ness Kartamihardja), Saat ini tinggal dan berkaya di Cipanas Bogor, Puisi di atas didedikasikan untuk " Mengenang kecelakaan pesawat TNI AU "Hercules C 130" di Medan, Sumut, tanggal 30Juni2015.