TEKS SULUH


Selasa, 20 Februari 2018

Lumbung Puisi dan Sejarah Mataram

Lumbung Puisi dan Sejarah Mataram

Kenapa Lumbung Puisi di Indramayu? Seperti juga prajurit-prajurit Mataram yang tak berani pulang ke Metaram. Indramayu juga milik Mataram. Karena itu dari pada pulang dengan ketakutan hukuman karena kalah perang, atau karena Sultan tidak tahu medan perang. Lebih baik di Indramayu memelihara lumbung-lumbung padi dan bercocok tanam di Indramayu.
Rd. Aria Wiralodra putra Kepala Perdikan daerah Kedu Bagelen adalah utusan dan mandat langsung Sultan Agung Mataram untuk membabad alas muara Cimanuk dan sekitarnya sebagai daerah bawahan Mataram sekaligus pada saat Penyerangan Batavia daerah ini dijadikan Lumbung Padi.
Jadi Lumbung Puisi layak dan memiliki nilai sajarah berkaitan dengan sejarah Mataram. Kenapa? Karena Lumbung Puisi juga sebaian ikut menjadi nafas sejarah sastra Mataram (Indonesia pada saat itu) dimana kebudayaan Mataram dibawa ke daerah indramayu yang sampai saat ini masih digunakan. Seperti acara-acara adat Sedekah Bumi, Nadran, Mapag Sri dll.
Kok Lumbung Puisi dengan penyerbuan Mataram ke Batavia terkait. Ya jelas karena Lumbung puisi diinspirasi oleh Lumbung di daerah ini. (rg bagus warsono)