TEKS SULUH


Minggu, 29 November 2015

Wirol Haurissa: TAMU


wirol haurissa
TAMU

tunggu aku di dermaga desemberan
saat kapal-kapal mengarahkan hasrat menuju daratan
lalu kau kaitkan senyum di tiang-tiang jembatan

aku turun bawakan oleh-oleh
sebuah lautan dan gunung dari sebarang
jawabmu terserah
aku terima dengan kehangatan
seperti matahari tumbuh di atas pagi
kau berbisik, berikan padamu
aku jawab terserah

kau sadarkan lelah pada punggung bangku
kekasih diam menikmati keluh
aku jawab terserah
sebab aku percaya
terserah adalah kebebasan yang teratur
semisalnya puisi
kau dan aku terserah

tunggu aku di dermaga januarian
saat kapal-kapal dan tali pengikat mulai sepi
lampu-lampu redup, rindu tak pernah henti

2015, November 25 Surabaya


Wirol O. Haurissa. Lahir di Ambon Maluku, 1 September 1988. Sarjana Sains Teologi, Fakultas Filsafat Teologi di Universitas Kristen Indonesia Maluku. Dan study Magister Ilmu Susastra, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Aktivitas sehari: menulis puisi, cerita pendek dan skrip teater, mendirikan Bengkel Sastra Batu Karang, menjalani pementasan-pementasan independen teater dan sastra di kota Ambon, kota Depok dan kota Salatiga. Puisi dan esai tersebar di media online. Beberapa puisi termuat dalam Antologi Penyair Maluku Biarakan Kami Bakale, Revolusi cendrawasih, Mata Aru dan Pemberontakan Dari Timur, Sastra Kepulauan VIII. Pernah menjadi juara satu lomba Menulis dan baca Puisi SeUniversitas Swasta Wilayah XII Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat di Ternate. Pernah menjadi juri Lomba Baca Puisi Pelajar seSMP di pulau Ambon dalam memperingati Hari Ulang Tahun Merah Saga. Pernah menjadi Fasilitator Pelatihan Cipta dan Baca Puisi Perdamaian di Pusat Studi Perdamaian, Pascasarjana Teologi UKIM Ambon.