TEKS SULUH


Minggu, 10 November 2013

BICARALAH NAK karya Ardi Susanti

Ardi Susanti

BICARALAH NAK

Bicaralah nak
Ketika hak-hak telah dikebiri
Ketidakadilan telah demikian meraja
Keangkaramurkaan telah menjadi alibi

Bicaralah nak
Ketika para penguasa sudah
semena-mena
Melukis nista didada 
Mengukir bara di jiwa 

Bicaralah nak
Ketika ketimpangan melanda langitmu
Menyesak melukai hati 
Menggoreskan lara berkepanjangan

Bicaralah nak
Jangan biarkan mereka mengotori ruang kita
Dengan ambisi murahan yang meraja
Demi menggemukkan hasrat semata

Bicaralah nak
Lemparkan seluruh idealismu
Keluarkan semua orasimu
Teriakkan segala kegelisahanmu

Bicaralah nak
Biar mereka muntahkan apa yang telah tercuri
Dari pembohongan manis setiap hari
Dengan dalih mencerdaskan anak 
negeri
Dengan alasan meningkatkan
kepandaian bermimpi

Bicaralah nak
Karena hati nurani telah terkikis
Oleh iming-iming kemewahan
Mereka berlomba meraup rupiah
Dari status sekolah elit gedongan
Dari bulir keringat kalian

Bicaralah nak
Karena janji sudah terlupakan
Kode etik bahkan terselip dilaci usang
Terlupakan oleh cicilan mobil kreditan

Tulungagung, 2011 
AKU BERSENANDUNG

Aku bersenandung
Tentang gemulai bintang
Yang bersandar manja pada rembulan

Aku bersenandung
Tentang kerling genit kelelawar
Yang mencicipi keperawanan buah jambu

Aku bersenandung
Tentang hembus binal sang bayu
Yang menyetubuhi ranumnya dedaunan

Aku bersenandung
Tentang sebatang sepi 
yang bermain dirumah hati

Tulungagung 2013