TEKS SULUH


Kamis, 09 Januari 2020

Empat Titik Kosong

4.0 adalah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Istilah ini mencakup sistem siber-fisik, internet untuk segala, komputasi awan, ini dibutuhkan kesiapan sumber daya dan infrastrukturnya agar menuju zaman ini Indonesia tidak jauh tertinggal.

Pada sisi penyair tentu harus dapat mengikuti era semacam ini dengan penguatan karakter yang dapat menghadilkan mutu yang diharapkan.

Bukti melekatnya karya seni dan personal seniman itu telah ditunjukan seniman-seniman yang telah populair dan publik pun langsung mengatakan dalam hatinya ketika melihat wajah atau gambar seniman tersebut. Ketika gambar itu menampilkan wajah seseorang langsung pembaca atau yang melihat gambar itu menyebut dalam hatinya akan jenis seni yang digelutinya. Ketika ditampilkan Wajah Rio Febrian maka orang langsung yakin ia adalah seorang penyanyi. Ketika di rampilkan wajag Gesang orang langsung menyebut dalam hatinya ia adalah komponis lagu keroncong bahkan pada nama lagunya Bengawan Solo. Ketika ditampilan Wajah Chairil Anwar orang akan menyebut dalam hatinya dialah sastrawan Angkatan '45 dan pengarang puisi Kerawang Bekasi. Demikian melekatnya kegilaan itu pada personal seniman.

4.0 menghasilkan "pabrik cerdas". Di dalam pabrik cerdas berstruktur moduler, sistem siber-fisik mengawasi proses fisik, menciptakan salinan dunia fisik secara virtual, dan membuat keputusan yang tidak terpusat. Lewat Internet untuk segala (IoT), sistem siber-fisik berkomunikasi dan bekerja sama dengan satu sama lain dan manusia secara bersamaan. Lewat komputasi awan, layanan internal dan lintas organisasi disediakan dan dimanfaatkan oleh berbagai pihak di dalam rantai nilai.(wiki)

Dari pengertian ini Empat Titk Kosong adalah bagaimana seseorang dapat menangkap perubahan zaman modern ke melenial dimana layanan harus secepat mungkin dan dibutuhkan kepiawaian untuk mengoperasikannya.
Pentingnya pemahaman karakter penyair agar Anda tdk dikelabui pemikiran, dan cepat silau pd seseorang, pdhal cuma setara dng kita.Penyair perlu memahami  ttg penguatan karakter penyair apakah Anda masih posisi Dua titik kosong saja? atau sudah tanggap 2020.Jadi dng melihat karakter penyair Anda akan dpt mengukur seseorang, apakah dia berada di empat titik kosong atau bukan.
Satu titik kosong sampai Empat titik kosong Pembentukan Karakter Penyair hanya sebagai pemahaman saja, agar semua semakin maju.

Sekarang Evaluasi Anda masih berada di satu titik kosong saja?! tp ngaku penyair.Penguatan karakter Penyair: "2.0" : Bisa mengakses intermet, fb, masuk komunitas dsb.

Lalu seseorang diberitakan media besar nasional, kita tinggal mesem saja, zaman ini mana ada media asli independent !Jika ada yg membanggakan penerbit mayor tinggal tertawa saja, zaman ini bukan zaman monopoli spt angkatan Balai Pustaka!

Penguatan Karakter Penyair "4.0": menerbitkan antologi, mengunggah karya di web, dimuat di media, baca puisi di publik dsb. Empat Titik Kosong contoh lain  misalnya bukunya telah mancanegara, misalnya dibaca di negara tetangga. Upaya menuju ke arah itu dilakukan gagasan Puisi Internasional oleh lumbu g Puisi yang merupakan salah satu upaya pembentukan karakter Empat Titik Kosong. Contoh lain Empat Titik kosong adalah evaluasi diri dengan melihat pada diri kita  ada Empat Titik Kosong : inovator, motivator, ahli, narasumber, intrepreneur, talent, penguasaan bhs asing dan portovolio. Termasuk bila puisimu telah dialihbahasakan dalam lebih dari dua bahasa sudah merupakan Empat Titik Kosong.