TEKS SULUH


Selasa, 02 September 2014

Diah Natalia

Diah Natalia

Banten Kulihat Kudengar

Aku pernah melihat,
Tentang anak-anak nelayan
Yang terpaksa meninggalkan
Bangku-bangku sekolah
Karena terpaksa harus bekerja

Aku pernah melihat,
Tentang nelayan-nelayan
Yang menghadang sergapan topan
Dan banyak mendapat tangkapan

Tetap saja menderita
Tetap saja sengsara
Tetap saja merana hidupnya

Aku pernah mendengar,
Banyak sebab
Hasil laut nelayan dijual murah
Kalau tidak tercekik pajak negara
Bahan bakar kapal melonjak tinggi
Dan sulit didapat

Aku pernah melihat,
Tentang juragan-juragan
Yang sepanjang hari hanya tiduran
Dan banyak terima setoran

Tetap saja menderita
Tetap saja sengsara
Tetap saja merana hidupnya

Aku pernah mendengar
Banyak cerita
Tentang anak-anak juragan
Yang terpaksa meninggalkan
Bangku-bangku sekolah
Karena terpaksa masuk penjara

Dengan kasat indera
Kesenjangan tampak nyata

Jakarta, 14 Juli 2014

Diah Natalia
Mengisi beberapa antologi bersama yangh diselenggarakan secara nasional. Penyair adalah juga seorang apoteker, tinggal di Jakarta Timur.