TEKS SULUH


Rabu, 03 September 2014

Jack Efendi

Jack Efendi
Majapahit, aku berhasrat Pulang
“Sira Gajah Madapatih Amangkubhumi tan ayun amuktia palapa, sira Gajah Mada: "Lamun huwus kalah nusantara isun amukti palapa,…”
Gaungmu. Masih lirih berdzikir di telinga
Memantik sumbu di pendulum rindu
Menawarkan pulang pada sebujur tubuh
Yang lama menjadi benalu diriuhnya ibukota
Majapahit
Aku berhasrat pulang
Menuju tanahmu yang menyimpan tembuni
Berusaha mengabdi seperti Amukti Sang Patih
Setelah lama berburu silau di gebyarnya ibukota
Aku cemburu pada kemolekan Jaladwara di candimu
Memancurkan tirta ke ladang-ladang serta sawah
Aku risau dengan cara para punggawamu mengadunkan dirimu,
Seolah kau adalah putri yang belum pandai bersolek
Diratakan perbukitan ranummu serupa payudara dengan tajam kuku alat berat
Dikeruk padatnya pinggulmu, seperti rakusnya hama tikus penyerang sawah
Aku ingin pulang
Menawarakan keelokan untukmu, Majapahitku
Bekasi, 02 Juni 2014
1)sumpah Palapa

Jack Efendi
 Nama aslinya (Ponadi Efendi Santoso) lahir di Mojokerto 11 Februari 1982. Aktif di Komunitas Pondok Kopi (kelompok penggiat sastra di wilayah selatan Mojokerto). Puisinya banyak dimuat di media regional dan nasional, Mengisi antologi bersama bertaraf nasional . Penyair ini aktif di “Forum Sastra Bekasi, dan tinggal Jakamulya Bekasi Selatan – Jawa Barat.